Selasa, 27 Desember 2011

Teachers’ Simulation on Developing Problem Solving-Based Mathematics Textbook in Vocational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia.


By : Dr. Marsigit, M.A.

Disimpulkan

Oleh: MEI MUTLIMAH
NIM : 10305144043
MATEMATIKA SWADANA 2010
(http://memutlimah.blogspot.com)

Ketersediaan buku merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Program untuk menyediakan kebutuhan buku-buku yang berisi pemecahan masalah tidak harus dalam cara monopoli oleh satu atau beberapa lembaga, tetapi membiarkan sekolah-sekolah untuk memilih kebutuhan mereka sendiri dari buku yang akan digunakan di sekolah tersebut. Sehingga setiap sekolah dapat menyesuaikan kebutuhan buku di sekolah maing-masing. Selain itu siswa juga di beri kebebasan untuk memilih buku sesuai daya tangkap setiap siswa. Namun pengadaan buku ini terkadang menemui beberapa kendala. Seperti halnya yang terjadi di Indonesia, kurangnya keterampilan guru untuk menghasilkan buku yang berkualitas. Selain itu sulitnya mengelola dan mengalokasikan waktu oleh para guru. Kendala-kendala seperti minimnya dana, referensi yang kompeten serta mengali ide atau konsep buku yang ingin di buat. Upaya untuk mengembangkan buku sebagai acuan materi pembelajaran harus menggunakan kriteria buku teks yang baik. Seperti pengembangan buku untuk tingkat SMP para guru harus memiliki gambaran yang jelas bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran nantinya di kelas. Buku yang di buat pun  harus sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa mudah untuk memahami isi buku tersebut. Isi buku pun harus mengembangkan pola pikir siswa seperti pengembangan keterampilan, kontens yang relevan, peran teknologi serta komukasi matematika. Dalam pengembangan desain dari buku kita dapat mempertimbangkan tujuan yang di berikan, latihan yang relevan dengan tujuan pembelajaran, menggunakan bahasa jelas dan tepat agar mudah di pahami oleh siswa. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tentang pengembangan teks buku matematika untuk tingkat SMK adalah trial and error, membuat diagram, mencoba masalah dari yang sederhana, membuat tabel, mencari pola, berfikir logis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar