Jumat, 30 Desember 2011

DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS IN INDONESIA


By : Dr. Marsigit, M.A.

Disimpulkan

 Oleh: MEI MUTLIMAH
NIM : 10305144043
MATEMATIKA SWADANA 2010

Sebagai gambaran nyata (hasil Ujian Nasional Matematika siswa SMP dari tahun ket tahun) di Indonesia dalam pembelajaran matematika mengindikasikan memperoleh nilai yang rendah. Hal ini disebabkan penguasaan siswa terhadap kemampuan menguasai konsep dan proses matematika yang rendah. Upaya untuk memperbaiki hal ini adalah dengan mengadakan kolaborasi pengajaran matematika di beberapa wilayah. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan mencoba beberapa model penngajaran di sekolah. Kurikulim dasar SMP menekankan pada kemampuan siswa, sementara pemerintah pusat mengembangkan standar nasional untuk siswa SMP.  Kompeensi dasar nasional kemudian di uaraikan menjadi kompetensi minimum yang harus di tampilakan pada siswa, yaitu psikomotor, afektif dan kognitif. Memang tidak mudah untuk memperoleh hasil yang maksimal karena dibutuhkan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dimulai dengan kesiapan dan kesanggupan pendidik untuk mencari inovasi pengajaran dari negara lain sehingga peserta didik Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar