Jumat, 09 Desember 2011

PROMOTING LESSON STUDY AS ONE OF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA: The Reflection on Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR, 2002-2005


By : Dr. Marsigit, M.A.

Disimpulkan

Oleh: MEI MUTLIMAH
NIM : 10305144043
MATEMATIKA SWADANA 2010
(http://memutlimah.blogspot.com)

Seperti yang telah diterapkan di Jepang pembelajaran matematika menggunakan media VTR tenyata lebih ampuh dalam pembelajaran. Selain siswa lebih kreatif, pembelajaran dengan media VTR juga akan meningkatkan dan memotivasi guru. Model pembelajaran ini di anggap yang paling baik untuk pembelajaran matematika di Indonesia, meskipun tidak dipungkiri banyak kendala mendasar yang harus diatasi jika model pembelajarn ini akan diterapkan di Indonesia. Kendala yang di hadapi seperti rencana pelajaran, lembar kerja, kompetensi siswa dan guru, kesiapan siswa, fasilitas dan peralatan pendidikan, metodologi pembelajaran, alokasi waktu, jumlah siswa yang relatif besar di setiap kelas. Media pembejaran ini sebenarnya tidak hanya untuk matematika media ini juga dapat dikembangkan untuk  pelajaran yang memiliki sifat penekanan terhadap masalah-masalah utama, memungkinkan adanya diskusi dan refleksi dan guru mengawasi jalannya pembelajaran. Dengan menggunakan media ini pembelajaran di kelas tidak membosankan, melainkan inovatif dan menarik siswa untuk ikut berperan secara aktif dalam kegiatan belajar-menggajar. Untuk itu diperlukan kerjasama antara Universitas, institut pelatihan guru, Depdiknas dan Direktorat Pendidikan untuk meningkatkan kompetisi guru guna mendukung kurikulum berbasis kompeten ini. Dengan pengembangan media VTR ini diharapkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran khususnya matematika lebih tinggi. Selain itu pembelajan ini juga akan meningkatkan kualitas seorang guru menjadi guru yang lebih profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar