Senin, 02 April 2012

SEJARAH MATEMATIKA



Review 6 Maret 2012
Minggu ini sejarah matematika memulai dengan materi baru. Jika sebelumnya kuliah sejarah matematika untuk menghayati dan meresapi matematika, maka mulai minggu ini sejarah matematika di mulai dengan awal matematika itu sendiri. Sejarah matematika di bagi menjadi produk dan waktu.  Produk dari sejarah ini bisa di mulai dari ide yang paling sederhana seperti konsep waktu.  Diceritakan pada zaman dahulu sebelum ditemukannya jam seperti sekarang. Masyarakat zaman dahulu menggunakan bayangan ataupun pasir untuk menentukan waktu. Mereka menentukan waktu untuk membantu aktivitas mereka seperti bercocok tanam maupun kegiatan lainnya. Masa menggunakan pasir maupun air untuk menentukan waktu belum begitu dapat dipastikan.
Alat atau metode yang digunakan pada zaman dahulu juga dapat diketahui dengan melihat zaman pada waktu itu seperti zaman es, batu, perunggu dan besi. Pada zaman ini juga dihasilkan produk-produk sejarah yang sangat bermanfaat bagi masa depan. Produk ini dapat kita lihat tahun kapan terjadinya melalui fosil-fosil yang ditinggalkan. Melalui fosil-fosil inilah waktu atau masa terjadinya suatu peristiwa dapat diketahui.
Sejarah akan mencatat secara detail tentang perkembangan kehidupah di dunia ini di mulai pada zaman Arcranic, zaman Tribal, zaman  Traditwa, zaman Feodal, zaman Modern, zaman Pos modern dan zaman Kontempores pos pos modern. Dimana di mulai dengan bangsa Inca hingga sampai saat ini. Kita sekarang ini berada pada zaman Kontempores pos pos modern. Dengan meningat dan menanam pada diri kita akan sejarah khususnya sejarah matematika kita menempatkan diri kita sebagai pelaku sekaligus sebagai sejarawan matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar