Rabu, 04 Januari 2012

LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the 8th Grade Students of Indonesian Junior High School



By : Dr. Marsigit, M.A.

Disimpulkan

 Oleh: MEI MUTLIMAH
NIM : 10305144043
MATEMATIKA SWADANA 2010


Keputusan Sisdiknas No.20 tahun 2003 yang menegaskan bahwa Indonesia harus mempunyai sistem pendidikan yang dapat mengembangkan kecerdasan dan keterampilan individu, berperilaku yang baik, patriotisme dan bertanggung jawab sosial. Meningkatkan kualitas pengajaran merupakan salah satu tugas yang paling penting dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia. Pemerintah  Indonesia telah menerapkan kurikulum baru untuk pendidikan dasar dan menengah yang di sebut KTSP. Diamana dalam sistem KTSP ini siswa di tuntut aktif dalam setiap pembelajaran. Tujuan dari pembelajarn matematika itu sendiri adalah memahami konsep matematika, kemampuan berfikir, keterampilan dalam memecahkan masalah, menggunkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itulah diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran matematika salah satunya melalui lesson study. Dengan metode lesson study ini , para peneliti berusaha mengungkap gambaran guru untuk mempromosikan metode pembelajaran matematika dalam mempelajari luas total sebuah silinder lingkaran tegak dan bola serta volume kerucut lingkaran tegak. Metode ini dapat di lihat melalui kegiatan belajar mengajar seperti pemahaman, membangun perspektif, solusi pemecahan. Diharapkan dengan adanya metode tersebut maka prestasi siswa akan meningkat serta tujuan dari pendidikan akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar