Rabu, 04 Januari 2012

DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA


By : Dr. Marsigit, M.A.

Disimpulkan

 Oleh: MEI MUTLIMAH
NIM : 10305144043
MATEMATIKA SWADANA 2010


Tujuan sistem pendidikan di Indonesia meliputi, meningkatkan ketaatan terhadap Allah SWT, mengembangkan kecerdasan dan kemampuan individu, sikap positif  dan mengembangkan kepercayaan diri. Sebagai gambaran praktek pengajaran di Indonesia secara umum guru secara langsung menjelaskan dan bertanya dalam konteks sebagai instruksi di kelas yang diikuti siswa. Fungsi guru sebagai figure pusat dalam menentukan aktivitas dan pemberi instruksi, sehinga siswa jarang berinteraksi dengan siswa  yang lain. Kebanyakan guru hanya terpusat pada pemberian informasi kepada siswa. Tantangan untuk para pendidik di zaman sekarang ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika, guru harus bisa mengorganisrkan kelas agar lebih aktif untuk membentuk pengetahuan siswa. Kerjasama dalam institusi pendidikan seperti mencari alternatif sebagai sumber pengalaman pendidikan dari berbagai negara. Selain itu bertukar pengalaman sangat disarankan bagi institusi pendididkan dengan cara mengadakan seminar dan workshop, mengadakan aktivitas penelitian, menerbitkan hasil pertuakaran pengalaman atau jurnal serta menjalin jaringan antar institusi atau negara. Memang tidak mudah untuk membuat matematika dapat di terima mudah di sekolahan. Untuk itu dibutuhkan banyak upayauntuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dimulai drai kesiaoan dan kesanggupan pendidik untuk mencari inovasi pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar